Aplikasi New Media

Hasil gambar untuk social media

         New Media adalah media yang sudah berbentuk digital yang beredar melalui jaringan atau yang biasa kita sebut Internet. Seperti Blog, Youtube, Facebook, Twitter, Instagram, dll.

Dari contoh di atas kita akan mengklasifikasikan satu demi satu apa saja aplikasi New Media itu.



1. Facebook

Hasil gambar untuk facebook

       Facebook, Inc. adalah sebuah layanan jejaring sosial berkantor pusat di Menlo Park, CaliforniaAmerika Serikat yang diluncurkan pada bulan Februari 2004. Hingga September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya.

Fitur

1. Fitur Status Updates .
      Seperti yang diakatakan sebelumnya fitur ini adalah yang paling dasar ketika orang membuka facebook, hal yang sering dilakukan tentunya update status. Fitur ini memungkinkan pengguna dapat memposting pesan, baik berupa teks, gambar, link , ataupun video.
2. Timeline
      Ini merupakan fitur updatetan dari profile dan wall facebook yang berlaku sejak tanggal 15 Desember 2011. Di Fitur ini semua konten posting akan diatur kemudian ditampilkan pada orang lain.
3. Friends
     Untuk mencari dan menambahkan teman di facebook, fitur yang digunakan adalah friend. Dengan langkah mengetikan di pencarian , kemudian mengirimkan permintaan untuk menjadi teman ( sent friends request).  Kedua user facebook bisa berteman jika user yang mendapatkan request menyetujui permintaan pertemanannya. Tapi jika anda tidak ingin menerima dia sebagai teman anda , anada tinggal menolaknya atau menyembunyikannya dengan tombol "Not Now".
4. Like
     Kita suka senang kalau status yang kita buat ada banyak yang nge-like. Fitur ini dibuat untuk mekanisme penyampaian pesan positif feedback dan bisa juga sebagai penghubung hal-hal apa yang diminati oleh facebookers. User bisa memberikan feedback like ini pada status teman, komentar, foto yang di publish, atau link yang disebarkan ke teman, halaman fanspage, serta iklan-iklan yang ada di facebook.
5. Message dan Inbox
    Dengan fitur ini anda bisa mengirimlam pesan kepada user lain secara privat. User juga dapat mengirim pesan kepada banayak teman sekaligus.
6. Privacy And Security
    Dilatarbelakangi banyaknya kasus pembajakan pada acount facebook, fitur facebook ini hadir untuk memberikan tingkat keamanan dan kenyamanan bagi para penggunanya dari serangan Malware maupun pemabajakan .
7. News Feeds
     Pada dasarnya fitur ini menampilkan aktivitas user dan teman-temannya secara berkala. News Feeds memberikan highlight informasi seperti penggantian foto profile, event yang akan datang misalnya ulang tahun, update status dan update info lainnya.
8. Notification
    Fitur ini adalah semacam fitur yang memberikan informasi berupa pemberitahuan yang muncul di bagian toolbar atas. Notifikasi ini berupa pemberitahuan adanya permintaan pertemanan, pesan yang masuk ke inbox dan di wall teman, komentar baru.

Manfaat

   Manfaat kita menggunakan aplikasi Facebook ini adalah seperti aplikasi Social Media lainnya. Untuk mendapatkan informasi seputar dunia luar, tentang apa yang kita ikuti atau minati, dan hiburan,

Kelebihan facebook

  1. Membantu kita untuk mendapatkan teman.
  2. Bagi yang mempunyai bisnis facebook ini bisa membantu untuk mempromosikan bisnis kita.
  3. Kalau kita mempunyai saudara jauh situs ini bisa membantu kita untuk berkomunikasi dengan saudara jauh.
  4. Bisa memberikan informasi yang tidak kita ketahui kepada kita.


Kekurangan facebook

  1. Bisa membuat para pelajar menjadi malas untuk belajar.
  2. Memberikan kesempatan bagi para orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan berbagai tindakan kejahatan.
  3. Membuat kita menjadi boros karena kita membeli pulsa dan kewarnet terus.


2. Twitter

Hasil gambar untuk twitter

      Twitter adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter akan tetapi pada tanggal 07 November 2017 bertambah hingga 280 karakter yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Twitter didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey, dan situs jejaring sosialnya diluncurkan pada bulan Juli. Sejak diluncurkan, Twitter telah menjadi salah satu dari sepuluh situs yang paling sering dikunjungi di Internet, dan dijuluki dengan "pesan singkat dari Internet.

Fitur

1. @
Fitur @ digunakan untuk memberi pesan atau twit kepada pengguna lain. Fitur ini merupakan fitur yang harus digunakan saat memberi twit kepada orang lain. Untuk memberi twit yang hanya sebagai pemberitahuan dari pengguna, pengguna tidak harus menggunakan fitur ini.

2. Membalas Pesan (RT Retweet)
Fitur ini bisa digunakan untuk membalas twit yang disampaikan oleh pengguna lain serta digunakan untuk menyampaikan ulang pesan yang terdapat pada halaman kita. Cara penggunaan yaitu dengan menekan fitur RT pada twit yang ingin dibalas atau ingin ditulis ulang. Contohnya: RT @tora152: hai teman apa kabar?.

3. Favorit (Fav)
Fitur ini dapat digunakan bila pengguna menyukai satu atau beberapa twit yang ditampilkan pada halaman utama pengguna. Untuk melakukan kegiatan ini cukup dengan mengeklik fitur fav pada twit yang disukai.

4. Pesan Pribadi (DM)
Fitur ini digunakan untuk memberi pesan pribadi kepada pengguna yang ingin dituju. Cara penggunaannya adalah dengan mengeklik fitur DM maka secara otomatis akan muncul kotak kecil tempat pengguna dapat menulis pesan pribadi.

5. Hapus (del)
Fitur ini digunakan untuk menghapus twit yang pernah disampaikan oleh pengguna atau twit yang terdapat nama pengguna. Penggunaan fitur ini sama dengan fitur Favorit.

6. Ikuti (Follow)
Fitur ini merupakan salah satu fitur utama dari jejaring sosial Twitter. Untuk menambah teman para pengguna, maka pengguna harus menggunakan fitur ini. Cara penggunaan fitur ini adalah membuka profil pengguna yang akan diikuti lalu menekan tombol Ikuti.

7. Tidak Mengikuti (Unfollow)
Fitur ini merupakan kebalikan dari fitur sebelumnya. yaitu untuk tidak mengikuti pengguna yang sebelumnya telah diikuti oleh pengguna. Cara penggunaan fitur ini sama dengan fitur Ikuti, yaitu dengan membuka profil pengguna yang tidak ingin digunakan lagi lalu menekan fitur Tidak Ikuti.

8. Teman (friends)
Fitur ini digunakan untuk melihat para pengguna lain yang diikuti oleh pengguna. Fitur ini akan menampilkan lima profil akun yang diikuti oleh pengguna pada tiap halaman. Urutan tampilan profil akun yang diikuti ini adalah mulai dari yang terakhir diikuti oleh pengguna yang bersangkutan.

9. Pengikut (Followers)
Fitur ini digunakan untuk melihat pengguna pengguna lain yang mengkuti akun pengguna yang bersangkutan. Halaman yang ditampilkan untuk profil ini sama dengan tampilan halaman pada fitur Teman.

Manfaat

      Seperti aplikasi facebook, Twitter juga merupakan aplikasi untuk bertukar informasi. Akan tetapi saat ini twitter adalah aplikasi yang sering digunakan pengguna internet untuk berbagi informasi, foto, video, hiburan, dll.

Kelebihan Twitter

1. Tampilan Minimalis
tampilan yang minimalis dengan fitur yang simple menjadi daya tarik tersendiri bagi penggunanya. Bagaimana tidak, twitter sendiri hanya menyediakan beberapa fitur penting untuk berkomunikasi. Tidak seperti facebook yang menyediakan sejuta fitur. Twitter lebih mementingkan komunikasi daripada jejaring sosial lainya.

2. Background bisa diganti
masih menyangkut keunggulan tampilan twitter. Twitter memungkinkan penggunanya untuk mengganti background tampilan twitter sesuka hati. Dengan seperti ini pengguna tidak akan merasa bosan dengan tampilan twitter yang itu itu terus. Ini merupakan sebuah kekhasan twitter yang tidak ada di jejaring sosial terkemuka lainya.

3. Jumlah teman tidak terbatas
twitter menggunakan sistem pertemanan follow. Sehingga akun seleb atau penyanyi bisa mendapatkan followers tanpa batasan. Tidak seperti facebook yang harus membuat halaman artis terlebih dahulu untuk mendapatkan like yang banyak. Twitter membuat langkah lebih mudah daripada facebook.

4. Pendaftaran mudah
pendaftaran yang sangat mudah membuat twitter menjadi jejaring sosial nomer 2 dunia, tidak sampai 5 menit waktu yang saya butuhkan untuk bergabung dengan jejaring sosial ini. Untuk masalah pendaftaran saya rasa twitter unggul dibanding medsos lainnya.

5. Fitur trending topik
ciri khas yang sangat melekat dari twitter yaitu trending topik. Dengan adanya fitur ini kita dapat selalu update dan mengikuti trending yang dapat kita atur sesuai negara kita. Menurut saya trending topik sangat membantu saya untuk selalu update dengan keadaan terkini.


Kekurangan Twitter

1. Penggunaan yang rumit
Penggunaan twitter bisa dibilang rumit, karena tidak semua anggota baru twitter langsung mengerti semua cara penggunaan twitter. Banyak kata asing atau istilah baru di twitter, seperti retweet, favorit, mention dan lain-lain. Bagi yang belum mengerti sama sekali tentang twitter mungkin menjadi kekurangan tersendiri yang harus diperbaiki twitter.

2. Tidak ada hiburan
mungkin ini yang menjadikan twitter tidak sepopuler facebook. Twitter tidak menyediakan hiburan seperti permainan. Sehingga pengguna twitter hanya sebatas remaja hingga orang dewasa. Tidak seperti facebook yang penggunanya juga anak-anak.

3. Banyak akun palsu
kayaknya ini sudah menjadi nasib jejaring sosial yang banyak pengguanya, yaitu banyak akun palsu. Kita memerlukan yang namanya "nama pengguna" agar kita tidak terjebak dengan akun yang kita cari. Maksudnya nama pengguna adalah yang @xxxx.

3. Reddit
Hasil gambar untuk reddit
    Reddit adalah situs web hiburan dan juga berita di mana pengunjung yang telah terdaftar dapat berkontribusi dalam bentuk memberikan posting pranala atau text. Pengunjung lain dapat memberikan suara "atas" atau "bawah", yang kemudian akan dihitung untuk memberikan peringkat posting tersebut, yang menentukan posisinya dalam halaman situs web. Isi situs dibagi berdasarkan tema, yang dinamakan "subreddit".

Fitur
1. Membuat subreddit 

Di Reddit kamu bisa membuat forum mu sendiri seperti misalnya kamu suka kucing, lalu kamu hanya tinggal membuat subredditnya dan orang-orang akan membuat postingan tentang kucing
2. Mem-follow atau mengikuti forum

Jika kalian ingin tampilan linamasa sesuai dengan keinginan kalian. Kalian hanya tinggal mem-follow forum yang kalian suka.
3. Pesan
Kalian juga bisa bertukar pesan antara user dengan fitur pesan.

4. Popular
Di fitur ini kalian bisa melihat postingan apa yang sedang populer di subreddit atau forum yang kalian ikuti.

Manfaat
     Di reddit kalian dapat menemukan hampir semua yang kalian butuh. Seperti informasi tentang dunia luar yang belum pernah diliput di media.

Kelebihan
- Cakupan informasi yang luas
- Aplikasi yang mudah digunakan
- Cukup populer dikalangan dunia

Kekurangan
- Banyak konten-konten yang explisit atau tidak pantas
- Tidak ada batasan dalam memberikan informasi

4. Whatsapp

Hasil gambar untuk whatsapp

       WhatsApp Messenger adalah aplikasi pesan untuk ponsel cerdas (smartphone) dengan basic mirip BlackBerry Messenger. WhatsApp Messenger merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan tanpa biaya SMS, karena WhatsApp Messenger menggunakan paket data internet yang sama untuk email, browsing web, dan lain-lain. Aplikasi WhatsApp Messenger menggunakan koneksi internet 3G4G atau WiFi untuk komunikasi data. Dengan menggunakan WhatsApp, kita dapat melakukan obrolan online, berbagi file, bertukar foto dan lain-lain.

Fitur
  1. View Contact: Anda dapat melihat contact di phonebook, WhatsApp juga muncul sebagai daftar contact di phonebook
  2. Avatar: Anda tidak dapat mengganti Avatar secara manual, WhatsApp akan mengambil data avatar dari Profile phonebook. Apabila menggunakan sinkronisasi Facebook dengan Phonebook, maka avatar yang muncul adalah avatar Facebook.
  3. Add conversation shortcut: dapat juga menambahkan shortcut conversation ke homescreen.
  4. Email Conversation Anda pun dapat mengirim semua perbincangan melalui email.
  5. Copy/Paste: Setiap kalimat perbincangan juga dapat di copy, forward dan delete dengan menekan dan menahan kalimat tersebut dilayar.
  6. Smile icon: Untuk menambahkan serunya perbincangan, Anda pun dapat menambahkan emotions dengan banyak pilihan, seperti: smile emotions, icon-icon seperti cuaca, binatang, tanaman, alat-alat musik, buku, kartu, mobil, bangunan, pesawat dll.
  7. Search: fitur dasar setiap IM, Anda dapat mencari daftar contact melalui fitur ini.
  8. Call: karena pin WhatsApp ini sama dengan nomor ponsel teman, Anda pun dapat melakukan panggilan langsung dari aplikasi WhatsApp ini.
  9. WhatsApp Call: Pengguna bisa melakukan panggilan melalui WhatsApp dengan koneksi internet.[15]
  10. Block: digunakan untuk memblok kontak tertentu.
  11. Status: seperti kebanyakan fitur IM, Status juga hadir di WhatsApp. Namun tidak seperti BBM yang menampilkan pembaruan terbaru setiap ada perubahan status dari teman, WhatsApp hanya menampilkan status di bawah nama teman, mirip dengan di Yahoo Messenger. Anda pun dapat mengganti status yang sudah tersedia di WhatsApp seperti availablebusyat school, dll.

Manfaat
Dapat bertukar pesan atau informasi kapan pun dan dimana pun.

Kelebihan
1. Tidak hanya teks: WhatsApp memiliki fitur untuk mengirim gambar, video, suara, dan lokasi GPS melalui GPS atau Google Maps. Media tersebut langsung dapat ditampilkan dan bukan berupa tautan.
2. Terintegrasi ke dalam sistem: WhatsApp, layaknya SMS, tidak perlu membuka aplikasi untuk menerima sebuah pesan. Notifikasi pesan masuk ketika ponsel sedang mati akan tetap disampaikan jika ponsel sudah hidup.
3. Status Pesan: - Jam Merah untuk proses loading di HP kita - Tanda centang jika pesan terkirim ke jaringan - Tanda centang ganda jika pesan sudah terkirim ke teman chat. - Silang merah jika pesan gagal
4. Broadcats dan Group chat: Broadcast untuk kirim pesan ke banyak pengguna. Group chat untuk mengirim pesan ke anggota sesama komunitas.
5. Hemat Bandwidth: Karena terintegrasi dengan sistem, maka tidak perlu login dan loading contact/avatar, sehingga transaksi data makin irit. Aplikasi dapat dimatikan, dan hanya aktif jika ada pesan masuk, sehingga bisa menghemat baterai.
6. Hapus Pesan Ke Semua Orang: Fitur baru ini mirip dengan fitur "Tarik Pesan"-nya BlackBerry Messenger (BBM) yang telah lebih dulu dirilis. Fitur ini memungkinkan kita menghapus atau menarik kembali pesan yang telah terkirim.

Kekurangan

1. Emote kurang menarik, Tidak bisa dipungkiri bahwa emoticon yang ada di WhatsApp kurang menarik jika dibandingkan aplikasi chatting lainnya seperti Line dan Telegram.
2. Volume data yang cukup besar.

5. Ruang Guru

Ruangguru adalah aplikasi belajar dengan solusi belajar terlengkap untuk segala kesulitan belajar kamu. Konten tersedia untuk berbagai jenjang mulai dari SD, SMP dan SMA sesuai dengan kurikulum nasional dan dirancang khusus oleh pengajar terbaik dan berpengalaman (Master Teacher). Mulai dari nonton video, latihan soal, les privat, tryout semua bisa diakses dari smartphone.


Fitur

1. Dapat 

Daftar Pustaka


0 komentar:

Posting Komentar

Tidak boleh berkata-kata kasar