Perbedaan Masyarakat Kota Dengan Masyarakat Desa

1. Orientasi terhadap Lingkungan/Alam

    Masyarakat perdesaan berhubungan kuat dengan alam, karena lokasi geografisnya di daerah desa. Penduduk yang tinggal di desa akan banyak ditentukan oleh kepercayaan dan hukum alam. Berbeda dengan penduduk yang tinggal di kota yang kehidupannya “bebas” dari realitas alam bahkan sampai tidak terlalu peduli dengan lingkungannya.


2. Mata Pencaharian

   Pada umumnya mata pencaharian di dearah perdesaan adalah bertani atau bercocok tanam tapi tak sedikit juga yg bermata pencaharian berdagang, sebab beberapa daerah pertanian tidak lepas dari kegiatan usaha. Sedangkan masyarakat perkotaan kebanyakan memilih perkerjaan kantoran seperti Pegawai Swasta dan PNS.

3. Ukuran Komunitas

   Komunitas perdesaan biasanya lebih kecil dari komunitas perkotaan. Karena di perkotaan lebih mempunyai beragam suku ras dan agama. Dan termasuk lingkungan sekolah dan lingkungan kerja.

4. Kepadatan Penduduk

   Penduduk desa kepadatannya lebih rendah bila dibandingkan dengan kepadatan penduduk kota, kepadatan penduduk suatu komunitas kenaikannya berhubungan dengan klasifikasi dari kota itu sendiri. dikarenakan juga di kota seperti Jakarta, banyak sekali pendatang dari desa-desa yg ada di Indonesia.

5. Diferensasi Sosial

   Diferensasi Sosial lebih terjadi di perkotaan, dikarenakan banyaknya perbedaan suku, ras, dan agama. Jadi ada derajat-derajat yang membedakan.

6. Pelapisan Sosial

Kelas sosial di dalam masyarakat sering nampak dalam bentuk “piramida terbalik” yaitu kelas-kelas yg tinggi berada pada posisi atas piramida, kelas menengah ada diantara kedua tingkat kelas ekstrem dari masyarakat.

Ada beberapa perbedaan pelapisan sosial yang tak resmi antara masyarakat desa dan kota:


  • pada masyarakat kota aspek kehidupannya lebih banyak system pelapisannya dibandingkan dengandi desa.
  • pada masyarakat desa kesenjangan antara kelas eksterm dalam piramida sosial tidak terlalu besar dan sebaliknya.
  • masyarakat perdesaan cenderung pada kelas tengah.
  • ketentuan kasta dan contoh perilaku.

Sumber : https://achmadsaugi.wordpress.com/2009/12/11/masyarakat-perkotaan-dan-pedesaan/

0 komentar:

Posting Komentar

Tidak boleh berkata-kata kasar