New Media

Hasil gambar untuk new media

Definisi New Media

      Untuk melihat awal mula munculnya New Media (Media Baru), perlu diketahui sejarah perkembangan media sebelumnya dan perkembangan internet sebagai teknologi penopang media baru. "Selama sekitar enam puluh tahun kata ‘media’, jamak ‘media’, telah digunakan sebagai istilah kolektif tunggal, seperti dalam ‘media ' " - (Williams dalam Lister, 2009: p. 9).



      Dari pernyataan tersebut, dapat dilihat bahwa penggunaan kata media yang merujuk pada media (media komunikasi) telah berlangsung selama lebih dari enam puluh tahun lamanya. Media dalam Bahasa Latin adalah “medius” yang berarti perantara atau medium, inilah yang kemudian menjadi referensi banyak bahasa di dunia yang akhirnya menyebut objek perantara sebagai media.



      Apa itu New Media?. Seperti yang dilansir di  website Wikipedia.org pengertian New Media secara umum adalah sebuah terminologi untuk menjelaskan konvergensi antara teknologi komunikasi digital yang terkomputerisasi serta terhubung ke dalam jaringan. Lalu menurut Marshall McLuhan "Media baru atau new media adalah perkembangan teknologi komunikasi yang dalam sejarahnya telah memperluas jangkauan komunikasi manusia". Disisi lain, McLuhan menggunakan istilah media baru untuk mengartikan sesuatu yang sangat mirip dengan yang dimaksudkan saat ini. Sejak zaman McLuhan, istilah media baru muncul dan bertahan serta mempunyai banyak definisi yang bisa disesuaikan dengan konteks penggunaanya.


new media landscape.png

   Seperti gambar yang diatas kita bisa menarik sebuah kesimpulan bahwa New Media adalah media yang sudah berbentuk digital yang beredar melalui jaringan atau yang biasa kita sebut Internet. Seperti Blog, Youtube, Facebook, Twitter, Instagram, dll.

     Saat ini, media baru dipahami sebagai istilah yang memayungi penjelasan mengenai kondiri teknologi digital dan internet teraktual, dan dampaknya terhadap budaya di sekitarnya (dapat disebut revolusi digital).

Pandangan terhadap New Media

      New Media memang digunakan oleh kebanyakan generasi muda atau istilahnya milenials. Generasi ini dianggap sebagai pengembang dan sekaligus pengguna new media. Karena itu generasi ini jugalah yang membuat isu new media menjadi pembicaraan. Dianggap sebagai kemajuan dan juga kemunduran peradaban. 

     New media juga merupakan penanda perubahan norma dan nilai di masyarakat karena generasi yang melaksanakannya. New media terkait dengan kemajuan teknologi yang hanya mengandalkan dunia internet sebagai perantara komunikasi dan ini memberikan kelebihan untuk memperbanyak komunikasi tidak langsung dan menimbulkan banyak perubahan dalam perilaku dan kebiasaan di masyarakat milenials. 

     Karena perbedaan inilah, timbul banyak pertanyaan dari generasi yang lebih tua dari milenials, mempertanyakan apakah generasi milenials ini sudah berada di jalan yang benar dan seharusnya diiringi kemajuan teknologi dan kecerdasan tanpa batas.

Manfaat

           Bidang Pendidikan

Dalam bidang ini, tentunya manfaat new media sangat besar, dan di rasakan sekali oleh para pelajar atau mahasiswa. Para pelajar atau mahasiswa seperti saya bisa mencari bahan bahan materi yang di perlukan oleh mereka, jadi kita dapat mengurangi biaya dalam membeli buku, karena kita bisa men-download suatu buku digital yang isinya adalah bahan-bahan materi yang kita perlukan, dan filenya bisa kita simpan dalam direktori yang ada dalam laptop ataupun notebook, jadi lebih simple dan praktis, tinggal membawa laptop atau notebook kita jika diperlukan tanpa harus keberatan membawa buku yang banyak. 
Bidang Kesehatan
Dalam bidang ini ,banyak sekali manfaat yang di rasakan langsung oleh orang yang sedang sakit, atau orang yang ingin mencari sesuatu bahan alami untuk menjaga kesehatan. Biasanya orang mengakses website yang isinya adalah resep obat yang tradisional.
Dalam bidang ini juga tentunya sangat berguna untuk orang – orang yang ingin mencari pekerjaan. Karena lewat New Media orang bisa menetahui lowongan pekerjaan, tanpa harus membeli koran atau keliling ke tempat perusahaan. Karena biasanya setiap instansi / perusahaan memiliki website , jadi kita cukup melihat website dari instansi itu. Melalui New Media juga para pelamar kerja bisa mendaftar lewat online.
Bidang Jual Beli
Bidang ini juga adalah bidang yang bayak di akses orang – orang, manfaatnya dapat dirasakan pembeIi cukup melihat gambar/photo barang lalu melihat kode barang dan membuat pesan di website tersebut yang isinya adalah nama, no rek, kode barang dan kode post, jadi tidak perlu datang ke store-store yang menjual barang tersebut. Transaksi pembayaran dapat di lakukan dengan menggunakan ATM/ebanking dll. Lalu manfaat yang dirasakan oleh penjual adalah dia dapet menjual barang ke manapun. Dan pengiriman barangpun dapat menggunakan jasa pengiriman barang seperti JNE, Kantor Pos, dll. Namun terkadang kualitas barang yang dijual tidak sebagus barang yang ada digambar / photo, dan bagi anda yang ingin membeli barang via Internet juga harus waspada akan penipuan. Di sini ada juga forum jual beli yang lumayan banyak di akses orang yaitu Online store seperti Tokopedia, Shopee, Buka Lapak, dan lainnya.
Bidang Sosial
Bidang yang sekarang paling banyak di akses oleh orang-orang, karena banyak sekali website yang bisa kita akses untuk melakuakan kegiatan sosial, salah satunya Facebook, Instagram, Twitter, Gmail, dan lainnya. Melalui website tersebut kita dapat bersilaturahmi pada sanak sodara yang ada di manapun, di website kita juga dapat mengirim photo,video dll.

Komponen New Media

  • Produsen

           Yang pertama produsen, Yaitu sebagai pembuat new media itu sendiri. Produsen disini membuat New Media berdasarkan kebutuhan yang sedang berkembang dalam masyarakat saat ini. Seperti Jurnalis berita online, Content Creator, Youtuber, dll.

  • Distributor
           Yaitu sebagai penyalur New Media dari pihak produsen ke pihak konsumen. Seperti Youtube, Facebook, Instagram, dll.

  • Konsumen
        Yaitu sebagai pemakai New Media yang telah jadi dan siap untuk berguna bagi masyarakat. Konsumen inilah yang akan menilai apakah New Media tersebut akan cocok dengan kebutuhan saat ini atau tidak. Contohnya seperti kita yang biasa melihat feed Instagram dan Timeline Twitter.

Aplikasi New Media

  • Social Media
           Contoh aplikasi New Media di Social media yaitu Facebook, Twitter, Instagram, Whatsapp, dll. Karena aplikasi ini yang sangat sering dan mudah digunakan oleh sebagian besar masyarakat sebagai saranan bertukar informasi.

  • Online Shop
           Sebagai sarana jual beli online seperti, Tokopedia, Shopee, BukaLapak, JDid, dan lainnya. Aplikasi ini juga sudah terbilang hal yang lumrah jika ditemui di Smartphone masyarakat. Dikarenakan penggunaannya yang mudah dan praktis.

  • Informasi/Pendidikan
Contoh dari aplikasi New Media yang menyangkut informasi dan pendidikan yaitu Detik.com, Ruang Guru, Brainly, dll. Sebenarnya aplikasi social media juga merupakan tempat mendapatkan Informasi di New Media tetapi aplikasi seperti Detik.com khusus menyediakan informasi seperti berita dll.

Sumber:

https://www.kompasiana.com/roselinaanindhita/58aefcfb577b619c09a6ff83/new-media-a-history-of-online-journalism?page=all

https://id.wikipedia.org/wiki/Media_baru

http://binus.ac.id/malang/2018/06/efektivitas-new-media/

https://www.it-jurnal.com/definisi-dan-manfaat-new-media/

https://medium.com/@cspenn/whats-the-difference-between-social-media-and-new-media-71f7f5ae1eea



0 komentar:

Posting Komentar

Tidak boleh berkata-kata kasar