Kecemburuan Sosial

Apa sih kecemburuan sosial itu?


     Kecemburuan Sosial adalah suatu kondisi dimana munculnya kelas-kelas sosial karena adanya perbedaan-perbedaan dalam kehidupan masyarakat. Seperti dari segi hukum, ideologi, ekonomi, sosial, dsb yang dapat memecah belah suatu ikatan sosial.


     Kecemburuan sosial ini muncul karena ada perasaan yang tidak adil terhadap orang yang lebih mempunyai kekuasaan atau tingkat yang lebih tinggi daripada individu/kelompok sosial lain.

     Contoh kecil sebuah kecemburuan sosial adalah ketika seseorang yang kurang mampu dari segi ekonomi hidup berinteraksi dengan lingkungan yang mayoritas adalah golongan kaum yang berada. Mereka bergaul dengan memilih memilih teman yang sederajat dan mengucilkan yang menurut mereka tidak sekelas dengan mereka. Hal ini tentunya akan menciptakan kecemburuan sosial di lingkungan tersebut.


    Ketika seseorang memiliki kecemburuan sosial seperti ini maka orang itu akan merasa iri dan dengki karena tidak bisa bergaul dengan teman-temannya yang sederajat. Sehingga perasaan tersebut lah yang menjadi kecemburuan sosial.

Apakah kecemburuan sosial ini selamanya negatif?

    Tidak selamanya kecemburuan sosial itu negatif. Semua bergantung kepada orang itu sendiri. Ada orang yang menjadikan kecemburuan itu sebagai motivasi untuk melangkah maju. Atau pun sebagai tolak ukur sebagai nilai kesuksesan orang tersebut.


Kesimpulan

   Kecemburuan sosial itu benar adanya dan patut dijauhi. Karena jika seseorang terus menerus terjebak dalam kecemburuan sosial orang itu akan depresi berat. Dan kita juga sebagai masyarakat harus berusaha mengurangi kecemburuan sosial itu sendiri. Atau bisa juga sebagai motivasi untuk diri sendiri.


source:
https://www.plukme.com/post/1528948532-kecemburuan-sosial-dan-plukme
http://denahendriana.blogspot.com/2016/12/kecemburuan-sosial-dalam-sosiologi.html


1 komentar:

Tidak boleh berkata-kata kasar